Minggu, 15 Mei 2011

Selayang Pandang Tentang Hypnosis


Apa itu hypnosis & hipnotisme?


Hypnosis adalah suatu kondisi alami di saat pikiran bawah sadar lebih dominan dan lebih terbuka untuk menerima pengaruh dari luar, atau suatu kondisi di mana perhatian menjadi sangat terpusat sehingga tingkat sugestibilitas (daya terima saran) meningkat sangat tinggi.

Hipnotis atau hipnotisme adalah metode untuk menciptakan kondisi hypnosis dengan sengaja. Dengan demikian dapat dikatakan Hipnotis adalah orang yang mempraktekkan, melakukan, memanfaatkan dan mengkondisikan hipnosis dengan sengaja terhadap orang lain yang mengijinkan dirinya dihipnosis.


Kapan kondisi hypnosis terjadi?

Kondisi hypnosis terjadi pada saat Anda sangat relaks atau sangat fokus pada suatu aktivitas tertentu. Misalnya, pada saat Anda terlarut dalam sebuah film hingga menangis tersedu-sedu padahal Anda tahu bahwa itu hanyalah sandiwara, atau pada saat Anda tiba-tiba ingin membeli makanan karena terpengaruh baunya yang harum, padahal pada saat itu sebenarnya Anda tidak lapar. Itu berarti Anda telah terhipnotis oleh keadaan tersebut.


Apakah hypnosis mengandung unsur magic?

Hypnosis bukanlah magic atau sihir, karena hypnosis merupakan kondisi yang terjadi secara alamiah. Minimal Anda mengalami kondisi hypnosis 2 kali sehari, yaitu pada saat menjelang tidur dan bangun tidur. Dan karena hypnosis tidak mengandung sihir, maka hypnosis tidak bertentangan dengan ajaran agama apapun dan budaya manapun.


Apakah setiap orang dapat dihipnotis?

Setiap orang yang ingin dihipnotis, dapat dihipnotis. Karena hypnosis merupakan kondisi yang sangat natural.


Apa yang dirasakan pada saat mengalami kondisi hypnosis?

Kebanyakan klien hypnosis mengatakan pada saat mereka dihipnotis, mereka merasa sangat nyaman, sangat relaks, dan bahagia. Perasaan yang paling sering diceritakan para klien ketika mereka mengalami kondisi hypnosis adalah perasaan relaks yang sangat dalam, perasaan berat atau sensasi tubuh seperti melayang, keinginan untuk menelan air liur lebih sering dari pada saat kondisi sadar, dan yang paling jelas adalah perubahan pola nafas yang semakin dalam dan tenang. Umumnya, klien mendengar dan mengingat 50-100% apa yang disampaikan hypnotherapist selama sesi berlangsung, dan sangat menyadari suhu dan suara di dalam ruangan. Kebanyakan orang (90%) merasa lebih sadar (bukan kehilangan kesadaran) ketika dihipnotis. Hanya 10% dari masyarakat yang mengalami kondisi hypnosis yang sangat dalam sehingga mereka tidak dapat mengingat secara utuh apa yang terjadi selama sesi berlangsung. Tetapi kebanyakan klien dapat mendengar dan mengingat sebagian besar dari pengalamannya selama dihipnotis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar